Wednesday, August 30, 2006

IKHWAL...??

RUMUS PHYTAGORAS
Rumus a² + b² = c² ternyata bukan hasil karya orisinil filsof dan matematiker Yunani kuno (582-507sebelum Masehi) itu sendiri.
Berdasar hasl penelitian arkeologis, kini telah terbukti teori yang sama sudah dikenal bahkan digunakan secara praktis oleh para ahli bangunan pada masa mesir kuno dan Babilonia sekitar 1000 tahun sebelum pythagoras lahir.

PEMBUATAN ROTI
Roti dalam bentuk menggembung saat ini tidak dikenal sampai sekitar abad ke 27 sebelum masehi. Semula bentuk roti datar-datar saja seperti martabak. Sampai pada suatu hari budak di Mesir yang bertugas membuat roti, seperti biasa membuat adanan tepung dan air lalu meletakkannya ke dalam oven. Mungkin akibat terlalu letih dan udara memang terlalu panas, sang budak jatuh tertidur. Etelah bangun tidur, ang budak kaget karena ternyata lupa nenyalakan api oven namun adonan menggembung dua kali lipat. Akibat udara panas di oven, roti meragi! Sang budak bingung, cepat-cepat memasang PI PnggNGn dengan harapan ukuran roti susut kembali. Ternyata, adonan roti makin menggembung dan terlanjur matang dengan warna kulit coklat mulus mengkilap. Karena waktu makan sudah tiba, sang budak tidak ada pilihan lain kecuali segera menyajikan roti bengkak itu kepada tuannya. Ternyata sang majikan dan segenap keluarga nikmat melahapnya! Sang budak dipuji atas karya inovatif itu! Sampai hari ini karya inovatif itu masih dilestarikan diseluruh dunia.
DINOSAURUS BUKAN NENEK MOYANG REPTIL
Dahulu di sekolah, kita diberitahu para guru bahwa dinosaurus adalah nenek moyang repti. Akibat bentuk dinosaurus berdasar rekonstruksi fosil tulang-belulang menurut versi imajinasi paleontologis masa kini memang mirip binatang melata, maka kita percaya memang begitu.
Namun di masa kini, menurut para ilmuwan mutakhir berdasar pengamatan ulang atas bentuk kaki dan rekonstruksi tulang-belulang yang lain, ternyata dinosaurus adalah nenek moyang binatang sejenis burung.
Untuk sementara ini kita terpaksa percaya saja bahwa anggapan ilmiah itu tidak dan belum keliru.

No comments:

Blog Archive

Cendekia Online

My photo
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Adalah satu tampat sebagai wahana untuk mengembangkan kreatifitas anggota KIR khususnya pada dunia Jurnalistik dimana, blog ini dikemas secara menarik dan informatif ditujukan untuk seuruh civitas akademia SMA Muhammadiyah 3, dan dipublikasikan secara umum untuk dapat dibaca oleh masyarakat umum.